Hal Yang Harus Anda Ketahui Saat Ingin Mengirim Paket ke Luar Negeri

Untuk pengiriman ke luar negeri sebenarnya tidak terlalu sulit. Dengan catatan pengiriman barang yang Anda lakukan tidak dalam jumlah yang sangat banyak dan untuk Anda ketahui, tidak mudah untuk mengetahui dimana barang Anda berada, di mana harus dilacak, serta statusnya. Tak jarang pula dalam kondisi seperti ini para scammer kerap dimanfaatkan untuk meraup untung dari mengirimkan hadiah atau uang dari luar negeri.

Jangan panik dulu jika ingin kirim paket ke australia atau menerima paket internasional. Ada kabar gembira jika kini Anda bisa dengan mudah mengetahui posisi kiriman barang dari luar negeri / paket yang Anda kirim dari luar negeri. Caranya cek langsung di website Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta. Pada halaman tersebut Anda dapat melihat kotak formulir berwarna oranye di posisi yang tepat di mana Anda dapat mulai melacak (mengecek) posisi barang Pengiriman Luar Negeri Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan data ke dalam kotak yang tersedia kemudian Anda tinggal klik PIBK Online. Jika barang impor Anda sudah dikirim, biasanya data akan langsung muncul di komputer atau layar ponsel Anda. Mudah kan?

Biasanya Agen Maskapai Internasional yang sudah terkenal di Indonesia dan beroperasi yaitu Agen Penyedia dan Penjualan Airwaybill (AWB) untuk pengiriman barang atau bisa disebut kargo internasional via udara, diantaranya:

Agen Eva Air High School (BR)

Agen SMU Malaysian Air (MH)

Agen Sekolah Menengah KLM

Agen SMU Singapore Airlines (SQ), dll.

Langkah yang dilakukan Bea dan Cukai kali ini patut diacungi jempol sebagai langkah maju dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Indonesia. Selain itu, Bea dan Cukai tampaknya semakin jengkel dengan banyaknya kasus penipu berupa kiriman dan kado yang selama ini menggunakan nama "bea cukai" untuk memeras dan menipu, serta telah menimbulkan banyak korban penipuan.

Untuk itu, pihak Bea Cukai menekankan bahwa penipu selalu meminta pembayaran bea masuk atau pajak dari paket untuk ditransfer ke rekening perorangan. Biasanya para penipu ini juga mengimbau korban untuk segera mentransfer uang dalam waktu singkat, disertai dengan intimidasi dan ancaman bahwa barang akan dimusnahkan atau dikembalikan jika pajak tidak segera dibayarkan. Semua itu hanyalah hoax dari para penipu ini.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label